Download Profil dan dokumen PHBS  Sekolah sehat
                               


Program Sekolah Sehat / PHBS dengan adanya program PHBS ini untuk menanamkan perilaku hidup sehat di antara anak didik, Guru dan lingkungan sebagai penunjang berlangsung nya pembelajaran yang bersih dan sehat, Dengan Penerapan PHBS ini secara tidak langsung kita mendidik anak didik serta guru nya untuk sadar akan lingkungan dan menjadikan suatu yang baik.

Tentu nya Program PHBS ini harus ditunjang serta di dukung oleh semua pihak baik dari lingkungan sekolah atau pun oleh komite sekolah selaku pemegang bagian dari lembaga pendidikan, program yang di jalan kan oleh pihak sekolah setidak nya mendukung peserta didik untuk menjadikan unggul secara optimal dalam mengelola kebersihan lingkungan Sekolah serta penerapan akan sadar diri terhadap sampah serta peduli akan kebersihan dengan lingkungan nya.

Secara teori mungkin gampang dan mudah akan tetapi kita sulit dalam penerapan mengenai peduli akan sampah dan kebersihan tetapidalam menjalankan serta memeliharanya yang sangat sulit, apapun kesulitan jika kita membiasakan diri secara sadar maka kan terasa biasa dan menjadi tanggung jawab kita.

Jika program tersebut berjalan dengan baik maka siswa didik serta Lingkungan sekolah akan terasa bersih dan bebas dari penyakit 

Dalam Pemberlakuan PHBS tersebut tentu nya memiliki beberapa konsep yang terdiri dari beberapa bidang pendukung seperti yang dibawah ini, saya coba akan bahas mengenai pentingnya serta konsepsi dariprogram PHBS di sekolah sekolah.

Konsep Dasar Perilaku Hidup Sehat dan Bersih
1.Pengertian PHBS
Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) merupakan sekumpulan perilaku yang dipraktikkan atas dasar kesadaran sebagai hasil dari pembelajaran yang menjadikan seseorang dapat menolong diri sendiri di bidang kesehatan dan berperan aktif dalam mewujudkan kesehatan masyarakatnya (Dinas Kesehatan Kota Surabaya, 2009).

Menurut Sya'roni, RS 2007 bahwa PHBS mempunyai arti yaitu Upaya untuk memperdayakan siswa, guru dan masyarakat lingkungan sekolah agar tahu, mau, dan mampu memperaktikan perilakuayang mengacu terhadap PHBS serta berperan aktif dalam mewujudkan sekolah sehat dalam menjaga dan meningkatkan kesehatan dan pertumbuhan pisik dan perkembangan kecerdasan anak sekolah melalui berbagai upaya kesehatan.

2. Bidang PHBS Bidang PHBS (Depkes RI, 2001) yaitu:
Bidang kebersihan perorangan, seperti cuci tangan dengan air bersih yang mengalir dan sabun, mandi minimal 2 kali sehari. 
Bidang Gizi, seperti makan buah dan sayur tiap hari, mengkonsumsi garam beryodium, menimbang berat badan (BB) dan tinggi badan (TB) setiap 6 bulan. 
Bidang Kesehatan lingkungan, seperti membuang sampah pada tempatnya, menggunakan jamban, memberantas jentik.

3. Pengembangan PHBS
Menyadari bahwa perilaku adalah sesuatu yang rumit, perilaku tidak hanya menyangkut dimensi kultural yang berupa sistem nilai dan norma, melainkan juga dimensi ekonomi, yaitu hal-hal yang mendukung perilaku. Maka promosi kesehatan dan PHBS diharapkan dapat melaksanakan strategi yang bersifat paripurna (komprehensif), khususnya dalam menciptakan perilaku baru. Kebijakan Nasional Promosi Kesehatan telah menetapkan tiga strategi dasar promosi kesehatan dan PHBS (Dinas Kesehatan Kota Surabaya, 2009).

Penerapan PHBS di sekolah sangat lah di sarankan guna menjadikan siswa didik yang berperan aktif untuk menjaga kebersihan baikdi sekolah maupun dilingkungan masyarakat, saya dapat memuat profil sebagai panduan ibu/bapak dalam menjalankan sekolah ber PHBS , pada link di bawah ini.

                                  Download Profil Sekolah Sehat (PHBS)

saya sediakan juga link pendukung pendidikan yang lainnya.....file dokumen...

[Unduh Aplikasi dan Administrai Guru]


    File Download Profil dan dokumen PHBS Sekolah Dasar Sehat pada shared link di atas disimpan di Google Drive untuk memastikan file-file aman dari virus atau malware. Karena ketika file diupload ke Google Drive, file secara otomatis diperiksa dan di-scan antivirus oleh sistem Google Drive Cloud Storage. Dengan kata lain file beresiko atau yang berbahaya tidak diterima di Google Drive, dan menjamin semua file yang anda download melalui shared link dari layanan Google Drive akan aman anda pergunakan di perangkat komputer atau gadget anda.

    Sekian informasinya tentang Download Profil dan dokumen PHBS Sekolah Dasar Sehat kami berharap , semua file yang Admin berikan dapat menjadi referensi dan rekomendasi juga dapat memperkaya wawasan dan sekaligus bisa menjadi inspirasi bagi kita semua dalam menjalankan tugas yang sanagt mulia sebagai pendidik " ,dengan diiringai do'a yang tulus agar kita semua senantiasa diberikan kemudahan dan kesehatan dalam melanjutkan pengabadiannya demi tercapainya cita-cita untuk mencerdaskan anak-anak bangsa "Salam Satu Data " Unduh File Guru"
    Next
    Newer Post
    Previous
    This is the last post.
     
    Top